Bekasi, Info Pendidikan
Sebagai upaya untuk menumbuhkan kecintaan pada budaya serta mengali bakat siswa dibidang seni, SMPN 7 Kota Bekasi menggelar Festival Seni Budaya dilingkungan sekolahnya Kamis, (05/03).

Dengan tema”Lewat Tarian Siswa Siswi Berperan Sebagai Penggerak Tongkat Estafet Budaya Bangsa” kegiatan ini bertujuan untuk mengali bakat dan potensi siswa dalam bidang seni budaya.

Kepala SMPN 7 Kota Bekasi, Markum Sukmajaya, kepada IP mengatakan, Festival Seni Budaya siswa ini digelar untuk menggali potensi bakat siswa dibidang seni serta untuk mengakomodir atau menggali potensi siswa dibidang non akdemik.

“Siswa-siswi yang memiliki bakat di bidang seni harus diberikan wadah atau fasilitas oleh sekolah, karena kadang-kadang ada siswa yang kurang dalam akademik namun memiliki kemampuan di bidang non akademik seperti seni,”ungkap Markum.

Selain itu, Markum menjelaskan, Bangsa Indonesia merupakan negara yang majemuk yang terdiri dari beragam suku dan budaya yang berbeda. Untuk itu, sekolah wajib memberikan pendidikan tentang keberagaman budaya agar para siswa dapat mengetahui tentang budaya bangsanya sendiri.

“Keberagaman seni dan budaya bangsa kita wajib diajarkan kepada para peserta didik agar mereka tahu dan bisa mengaplikasikan, bahwa kita itu hidup dalam bangsa yang majemuk, banyak suku dan budaya,” tambahnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa menambah pengetahuan siswa tentang seni budaya dan bakat yang dimiliki siswa bisa tersalurkan,”pungkasnya

Sementara guru mata pelajaran seni dan budaya SMPN 7 Kota Bekasi Anita Rahayu S.Kom kepada IP mengatakan Festival Seni Budaya ini merupakan kreativitas siswa-siswi terbaik dari kelas 7 dan kelas 9 dibidang studi seni budaya.

“Festival Seni Budaya ini kita adakan dilingkungan sekolah dengan maksud dan tujuan agar mereka bisa mengekspresikan bakat mereka dibidang seni budaya,” ungkap Anita.

 

 

 

“Anak-anak menampilkan berbagai tarian dari berbagai daerah khas Nusantara seperti tari-tarian dari Daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Bali dan daerah lainnya,”sambungnya.

Melalui kegiatan ini para siswa akan lebih mengenal dan mencintai seni budayanya sendiri dan menjadi wadah mereka untuk berkreasi,”tambahnya.

Mudah-mudahan lewat kegiatan seni budaya ini para siswa termotivasi untuk berprestasi dan kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dengan kualitas yang terus di tingkatkan,”pungkas Anita.

 

Festival Seni Budaya siswa SMPN 7 Kota Bekasi ini menampilkan 16 tarian daerah, 8 seni vokal, 2 storytelling dan 2 dongeng dan disaksikan oleh para guru, siswa serta seluruh staf maupun karyawan.■ JOS