Jakarta, Info Pendidikan
Ratusan guru dan Kepala Sekolah di Kecamatan Makasar mendapat pendidikan pencegahan virus Corona dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Rabu (11/03) di Aula Kantor Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Kepala SDN Cipinang Melayu 05 Kecamatan Makasar Jakarta Timur

Wakil Camat Makasar, Sudirman mengatakan, sosialisasi ini menindaklanjuti Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta No.16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Risiko Penularan Corona Virus Disease (COVID-19).

“Ini sebagai upaya tanggap virus Corona di lingkungan pendidikan. Saya ucapkan terima kasih kepada Sudin Kesehatan Jakarta Timur yang telah mendukung penuh kegiatan ini,” ujar Sudirman.

Menurutnya, dengan adanya sosialisasi seperti ini diharapkan para peserta dapat meneruskan informasi yang diperoleh pada para peserta didiknya dan masyarakat secara umum. Pihaknya juga meminta agar hasil sosialisasi ini disebarluaskan ke RT/RW.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Komarunisa menambahkan, sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh guru dan kepala sekolah agar bersama-sama mencegah penyebaran virus corona.

“Prinsipnya kita sosialisasikan dan edukasi, agar masyarakat tidak panik. Yang harus dipahami adalah gejala dan cara penularannya. Kemudian biasakan dengan perilaku hidup bersih dan sehat yakni mencuci tangan dengan sabun saat sebelum dan sesudah melakukan kegiatan,” tandas Komarunisa.

Sementara Kepala SDN Cipinang Melayu 05 Kecamatan Makasar Jakarta Timur, Hj. Wuri Dian Sari, M.Pd mengatakan sangat bagus sekali diadakan edukasi seperti ini, hasilnya dapat diterapkan kepada peserta didiknya disekolah,

“Siswa diajarkan oleh gurunya supaya terbiasa dengan perilaku hidup sehat, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas dikelas,” katanya.

Wuri Dian Sari menambahkan disekolahnya juga sudah disediakan disetiap kelas alat-alat untuk mencuci tangan, seperti wastafel air bersih dan sabun cuci tangan,

“Semoga dengan perilaku rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas dapat terhindar dari segala jenis penyakit, terutama untuk mencegah penyebaran virus Corona,” tandas Wuri Dian Sari kepada Info Pendidikan.■(Saripudin)