Oleh : Usman, S. Pd. M. Pd
Alumni Diklat Calon Kepala Sekolah Provinsi Jawa Barat Tahun 2019

Bekasi, Info Pendidikan                                              Menurut Ki Hadjar Dewantara “Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya. “Sedangkan Pendidikan menurut Nelson Mandela ” Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia”.

Berbicara mengenai Pendidikan tidak lepas dari peran penting sosok kepala sekolah dalam kepemimpinan organisasi sekolah, kepala sekolah merupakan seseorang yang berada di garda terdepan dalam upaya mencerdaskan bangsa. Kepala sekolah merupakan ujung tombak dalam keberhasilan maju atau tidaknya suatu satuan pendidikan yang ia pimpin.

Kepala sekolah memikul tanggung jawab terhadap kenyamanan dan ketertiban lingkungan sekolah serta warga sekolahnya. Rasa aman dan nyaman ini harus dirasakan oleh guru, siswa dan orangtua. Termasuk dalam hal keamanan dan kenyamanan di masa sekarang ini.

Kepala sekolah sekarang ini harus berdampingan erat dengan guru guru juara sesuai dengan semboyan Pendidikan Ing Ngarso Sung Tulodo Ing Madya Mangun Karso Tut Wuri Handayani memiliki arti memberikan tauladan di depan, ditengah membangun semangat dan di memberikan dorongan dari belakang, beberapa langkah yang harus dambil sebagai kepala sekolah dalam membangun dan membentuk guru guru juara, yaitu:

Perbanyak Membaca Buku: Membaca buku secara rutin sangat dianjurkan bagi kepala sekolah, dan guru guru juara saat ini, dengan membaca buku setiap hari, wawasan yang diperoleh menjadi lebih luas dan hal tersebut akan merangsang kemampuan untuk berpikir secara kreatif.

Menggunakan Internet dan Media Sosial Secara Bijak: Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi dan internet bisa membawa dampak positif maupun dampak negatif bagi kita.

Apabila tidak hati-hati dalam penggunaannya, kita dapat terjerumus ke hal-hal yang negatif, seperti mengunjungi situs-situs takbermanfaat sebaliknya guru guru juara harus mengambil dampak positifnya saja.

Kita bisa menggunakan internet untuk mencari ide-ide kreatif di Google, mencoba menulis artikel , melihat tutorial kreatif di Youtube, membuat foto-foto menarik untuk ditampilkan di Instagram atau Facebook, membagikan info-info yang bermanfaat di Twitter dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, dampak positif dari kemajuan teknologi akan kita rasakan ketika kita juga menggunakannya secara positif.

Bersikap Terbuka Terhadap Berbagai Pengalaman Baru: Di dunia yang semakin dinamis dan modern seperti saat ini, kita sebagai kepala sekolah dan guru perlu membiasakan diri untuk terbuka dengan berbagai pengalaman baru.

Kita bisa mengikuti berbagai macam aktivitas yang bermanfaat bagi kita, seperti bergabung dengan organisasi sosial, menjadi relawan bagi orang-orang miskin, atau mengikuti ajang-ajang perlombaan.

Aktivitas-aktivitas tersebut akan melatih diri kita untuk dapat berpikir lebih kreatif dan bergerak lebih aktif. Oiya, selain itu kita dapat membiasakan diri untuk lebih tanggap dan kritis dengan masalah-masalah yang terjadi di sekeliling kita.

Membangun Ide dan Visi ke Depan: Hal berikutnya yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dan guru guru juara adalah mencoba mengembangkan ide-ide kreatif yang ada di benaknya. Kita bisa memulai dengan ide-ide yang sederhana terlebih dahulu.

Siapa tahu dari ide yang sederhana tersebut, kita justru dapat membentuk sebuah startup baru yang dapat memecahkan masalah-masalah yang ada sekitar kita. Selain mencoba mengembangkan ide-ide yang ada di pikirin kita, yang sejalan dengan visi dan misi sekolah

Rajin Berolahraga: kata guru olahraga lari pagi adalah sarapan sehari hari sambil melihat indahnya matahari bersinar, Kelihatannya memang sepele, tetapi sangat positif untuk membantu kita menjadi kepala sekolah yang lebih aktif, kreatif, dan inovatif.

Dengan rajin berolahraga, kita memiliki banyak energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, kita menjadi lebih semangat dan terhindar dari rasa mager (malas gerak).

Di Tengah pandemi sekarang ini “Covid- 19” sangat menjadi tantangan untuk kepala sekolah dan guru guru juara tetap melaksanakan pembelajaran demi tercapainya tujuan Pendidikan,ayo bersinergi membentuk kepala sekolah juara, guru-guru juara dan siswa-siswi juara.

1. Mendayagunakan seluruh komponen pendidikan dalam rangka menjamin terlaksananya pembelajaran dengan suasana yang berbeda.

2. Mengaktifkan dan meningkatkan jaringan internet di sekolah

3. Memberikan semangat dan apresiasi kepada guru, siswa dan orangtua Segenap pemberian motivasi kepada para guru juga saya sampaikan agar apapun kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh guru dapat dibicarakan dengan baik tentang pemanfaatan media daring ataupun solusi yang ingin di dapatkan.

Guru mengajar online artinya membutuhkan ekstra energi untuk menyiapkan materi, dan lain-lain. Selalu memberikan kata kata motivasi dan juga himbauan agar dalam masa masa yang penuh kebosanan ini siswa tetap bersemangat melakukan aktivitas/tugasnya di rumah. Orangtua pun demikian, banyak yang merasa stres dan kewalahan karena menjadi guru dadakan di rumah bagi anak anaknya.

4. Melakukan pelatihan daring secara singkat mengenal platform pembelajaran jarak jauh (PJJ), mengaktifkan IN yang ada di sekolah , mengaktifkan dan mengembangkan MGMP sekolah dan MGMP Kota.

5. Mentransformasikan soal, laporan tugas, dan pembelajaran ke dalam bentuk daring atau digital (on line Bro)

6. Melakukan komunikasi multi arah dalam upaya sterilisasi satuan Pendidikan

Dengan membentuk kepala sekolah juara, guru guru juara, serta peserta didik juara maka akan mendorong terbentuknya Jabar Juara lahir batin.■