Kota Bekasi, Info Pendidikan
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, meninjau kesiapan RW022 di Kota Baru Bekasi Barat, dalam lomba Kampung Siaga yang diadakan Pemerintah Kota Bekasi.

Ditemani istri, Tri berjalan menyusuri setiap gang-gang yang berada di wilayah Kelurahan Kota Baru tersebut. Terlihat warga antusias menyambut kedatangan orang nomor dua di Kota Bekasi ini. Berbagai karya warga berupa mural menghiasi dinding-dinding sudut rumah warga. Spot-spot tersebut menjadi tempat berswafoto warga lain yang datang.

Tak hanya itu, pekarangan rumah warga ditanami berbagai jenis sayuran hidroponik. Hal itu membuat Tri beberapakali berhenti dan berbincang kepada petani hidroponik skala rumahan.

Tri mengatakan, kegiatan di lingkungan ini harus menjadi semangat bagi seluruh masyarakat kota untuk berbenah membereskan kampungnya agar lebih nyaman dan layak huni.

“Ini kan luar biasa kreativitasnya. Semua warga dilibatkan. Jadi mudah-mudahan ini menjadi tambahan dari kampung yang sudah mulai tumbuh di Kota Bekasi dan bisa menjadi percontohan di wilayah lainnya,” ujar Tri, sapaan akrabnya.

Dirinya menambahkan, bahwa masyarkat sekitar juga sangat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Hal itu terlihat dari semua warga yang bermasker dan tersedianya sarana cuci tangan di beberapa titik.

“Warganya sangat disiplin, di halaman rumah saja pakai masker, ini bentuk kesadaran. Apalagi ada banyak sarana cuci tangan. Itu luar biasa,” tuturnya.

Tri menilai ketua RW022 sejauh ini sudah terbilang cukup berhasil untuk mengajak warga setempat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Lebih lanjut, lingkungan RW022 ini menjadi lebih bersih dan rapi serta sangat optimal untuk tumbuh kembang anak.

“Anak-anak disini berada di kampung keren dan ramah anak. Sehingga kedepan meskipun ini ada di kampung, tapi kampungnya bisa bersih dan sehat. Kampungnya nggak boring,” ungkapnya.

Himbauan terkait hadiah perlombaan RW siaga memang memberikan dampak yang sangat positif kepada warga-warga Kota Bekasi. Warga berlomba-lomba untuk menjadikan daerahnya aman akan ketahanan pangan, aman dari Covid-19 dan aman juga dari tindak kriminalitas.

“Tujuan dari RW siaga itu bukan hanya mengahasilkan produk sebanyak-banyaknya saja dalam segi ketahanan pangan, zero covid dan zero kriminal, akan tetapi lebih dilihat dari keberhasilannya dalam menciptakan antusias masyarakat untuk turut serta berpartisipasi terkait program yang sedang di jalankan,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Kota Bekasi menyipkan hadiah senilai Rp1 miliar untuk pemenang lomba RW siaga.■ RIS