Bekasi, Info Pendidikan
Pelaksanaan webinar pada program studi Sistem Informasi merupakan rangkaian acara yang terjadwal dalam penerapan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Program studi Sistem Informasi Fakultas Informatika Universitas Bina Insani Bekasi mendapatkan Hibah Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Serangkaian acara telah dijadwalkan salah satunya Webinar tentang “Analisis Kebutuhan Pasar dan Penetapan Profil Lulusan untuk mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”.

Acara yang dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fakultas Informatika, Dosen tetap Program Studi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak dan Manajemen Informatika, Alumni Universitas Bina Insani serta mengundang narasumber yang pakar dibidangnya mewakili Asosiasi dan Industri. Acara tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Wakil Koordinator Pascasarjana Universitas Gunadarma, Prihandoko, S.Kom, MIT, Ph.D, dengan topik Profil lulusan Bidang Sistem Informasi dalam Era Industri 4.0 menyebutkan kurikulum dengan Pendekatan OBE ada tiga jenis, yakni Outcome Based Curriculum (OBC), Outcome Based Learning and Teaching (OBLT) dan Outcome Based Assessment and Evaluation (OBAE).

“Kurikulum pendekatan dengan OBE ada tiga jenis dan hal ini fokus di bidang Sistem Informasi,” tuturnya.

Sementara itu, Enny Susana, S.Kom, M.M selaku Direktur Utama PT. Pilar Teknotama Sinergi, mengatakan kompetensi lulusan Sistem Informasi dalam kebutuhan Industri sangat penting untuk menjawab kebutuhan dunia industri.

“Sistem Informatika bisa menjawab kebutuhan dunia industri,” katanya.

Seluruh kegiatan dari serangkaian acara Program MBKM dapat diakses dihalaman website https://binainsani.ac.id/.■ RIS