Bekasi, Info Pendidikan
Pada hari Rabu, 11 November 2020 Universitas Bina Insani mengadakan Workshop penyusunan kurikulum Program Studi Sistem Informasi Berdasarkan Outcome Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Acara yang terselenggara atas dukungan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Serangkaian acara telah dilaksanakan seperti webinar dan dan Forum Group Discussion (FGD) untuk menindaklanjuti penerapan program MBKM diadakan workshop. Pelaksanaan workshop dimulai dari pukul 08.30-12.00 melalui platform resmi Universitas Bina Insani Youtube Live dan Zoom Meeting.

Kegiatan ini dihadiri oleh civitas akademika seperti Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fakultas Informatika, Dosen tetap Program Studi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak dan Manajemen Informatika, Alumni Universitas Bina Insani serta mengundang Narasumber yang pakar dibidangnya.

Kegiatan workshop yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Bina Insani, Dr. Indra Muis, S.S, M.M dan dipandu oleh moderator Didik Setiyadi, S.Kom, M.Kom selaku Dekan Fakultas Informatika. Menghadirkan nara sumber yang merupakan Wakil Koordinator Pascasarjana Universitas Gunadarma, Prihandoko, S.Kom, MIT, Ph.D, dengan topik penyusunan kurikulum program studi Sistem Informasi berdasarkan Outcome Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam pemaparannya membahas tentang 4 Komponen perumusan Standar Kompetensi Lulusan yaitu, sikap (dari pemerintah), ketrampilan umum (dari pemerintah), pengetahuan (ditentukan oleh Perguruan Tinggi) dan ketrampilan khusus (ditentukan oleh Perguruan Tinggi) dan peminatan adalah keunikan dari prodi Sistem Informasi (SI) serta pendalaman pada salah satu bidang SI.

“Ada beberapa penekanan di dalamnya agar bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu Prihandoko, S.Kom, MIT, Ph.D yang juga merupakan Wakil Koordinator Pascasarjana Universitas Gunadarma, memberikan masukan-masukan kepada Program Studi Sistem Informasi terhadap draft profil yang disusun untuk lulusan program studi Sistem Informasi dan memberikan masukan lanjutan tentang langkah penyusunan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

“Dalam kegiatan workshop online, pemateri juga menyampaikan langkah penyusunan dokumen kurikulum yang sesuai dengan Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi MBKM 2020, Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan SN-Dikt,” jelasnya.

Berakhirnya pemaparan dari nara sumber pada pukul 12.00 siang dan menutup acara workshop tersebut. Ucapan terima kasih kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) workshop ini dapat terlaksana, nara sumber dan seluruh civitas akademika Universitas Bina Insani yang telah berpartisipasi. Seluruh kegiatan dari serangkaian acara Program MBKM dapat diakses dihalaman website https://binainsani.ac.id/.■ RIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here