Guru Dan Siswa SDS Ananda Bekasi Mendapat Edukasi Penanggulangan Kebakaran

0
479

Bekasi, Info Pendidikan
Untuk mengantisipasi kebakaran disekolah, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bekasi mengedukasi tenaga pendidik dan siswa di SDS Ananda, Senin (01/02). Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman apabila terjadi kebakaran ringan dilingkungan sekolah maupun ditempat tinggal mereka.

Kepala Cabang ACT Bekasi, Rizki Fernanda, menuturkan kegiatan pelatihan bagi tenaga pendidik dan siswa SDS Ananda Bekasi yang dilakukan secara daring tersebut tidak lain untuk memberikan pemahaman dan antisipasi ketika dilingkungan sekolahnya maupun di sekitar mereka terjadi kebakaran ringan.

“Kegiatan ini tidak lain lebih kepada edukasi dan mitigasi bencana kebakaran dan penggunaan alat pemadam yang ada di lingkungan sekolahnya,” tutur Rizki.

Dengan menghadirkan petugas pemadam kebakaran langsung ke sekolah tersebut, dirinya menekankan agar pihak sekolah maupun siswa agar tidak panik saat kebakaran ringan terjadi.

“Yang perlu diingat adalah jangan panik saat kebakaran terjadi dan pentingnya ketersediaan Alat Pemadan Api Ringam (APAR) di lingkungan sekolah,” sambungnya singkat.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDS Ananda Bekasi, Bayu Artadri, mengatakan melalui kegiatan edukasi dan mitigasi bencana kebakaran yang dilakukan di sekolahnya, menjadi sebuah wawasan tambahan bagi tenaga pendidik dan kependidikan serta siswa dalam mengantisipasi sekaligus mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan kebakaran terjadi.

Sambung Bayu, pada kegiatan tersebut pihaknya juga mendapatkan pelatihan tatacara memadamkan api dengan menggunakan karung basah, penggunaan APAR yang benar hingga beberapa pencegahan lainnya.

“Kebetulan kami juga diedukasi memadamkan api dengan menggunakan karung basah, cara mengunakan APAR dan sejumlah pengetahuan lainnya,” jelasnya.■RIS