Kegiatan Pembelajaran SMAN 4 Kota Bekasi Dimasa Pandemi

0
839

Bekasi, Info Pendidikan
Pada masa pandemi ini, banyak hal yang tidak dapat dilakukan seperti biasanya, semua sekolah mengalami hal yang sama, tanpa terkecuali SMAN 4 Kota Bekasi juga terdampak Covid-19.

Banyak aktivitas yang biasa dilakukan seperti kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah, mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, bertemu teman-teman, dengan terpaksa harus diberhentikan dalam waktu yang tidak pasti.

Namun setiap sekolah dituntut memberikan solusi dan jalan keluar terhadap permasalahan yang dihadapi peserta didik agar peserta didik tetap bisa mengikuti proses pembelajaran.

Pembelajaran daring pada masa pandemi 

Di SMAN 4 Kota Bekasi, Kepala Sekolah bersama guru-guru tetap memberikan pendidikan terbaik bagi para siswanya. Lewat pembelajaran jarak jauh ( PJJ) sekolah ini mengakomodasi berbagai sosial media seperti, virtual class room, grup what shapp, video, ataupun zoom pembelajaran untuk diakses oleh siswa.

Kepala SMAN 4 Kota Bekasi, Hj. Rusti Setiyarti, SPd, MM mengatakan di tengah pandemi sekarang ini merubah banyak hal di sekolahnya, namun proses belajar mengajar tetap dapat berlangsung dengan lancar dan para siswa tetap mendapat pembelajaran dengan baik.

“Pandemi merubah banyak hal di sekolah, banyak tantangan yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa namun proses belajar mengajar di SMAN 4 Bekasi tetap dapat berlangsung dengan lancar,” ungkap Rusti.

Layanan aplikasi media sosial dalam  pembelajaran jarak jauh (PJJ) sambung Rusti, “Menjadi solusi yang tepat untuk diterapkan di masa pandemi saat ini.

Dimana dalam kondisi pandemi saat ini mengharuskan semua serba dilakukan secara digital dalam proses belajar mengajar. Untuk itu kami di SMAN 4 Kota Bekasi mempersiapkan berbagai sosial media untuk diakses oleh siswa seperti, virtual class room, grup what shapp, video, ataupun Zoom,” sambung Rusti.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Lewat Online

“Hal ini merupakan solusi dalam memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik dimasa pandemi. Dan guru-guru di SMAN 4 Kota Bekasi selain memberikan pembelajaran juga menjalin komunikasi kepada seluruh siswa sebagai bentuk pengawasan,” ujarnya.

Kegiatan Ekskul Dan OSIS Tetap Berjalan

Tidak adanya kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka tidak menghalangi program kerja dan kreativitas siswa-siswi SMAN 4 Kota Bekasi.

Kegiatan Sertijab Ketua OSIS

Kegiatan Ekstrakurikuler, OSIS dan juga berbagai lomba akademik tetap berjalan. Secara umum kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring (online) namun ada juga yang dilakukan secara tatap muka terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kegiatan-kegiatan siswa seperti ekstrakurikuler, kegiatan OSIS, kegiatan lomba akademik dan Kreativitas siswa lainnya tetap berjalan di SMAN 4 Kota Bekasi,” ungkap Rusti.

Kegiatan Pelantikan Ketua OSIS

Kegiatan siswa pada umumnya dilakukan secara daring (online) namun ada juga kegiatan yang dilakukan secara tatap muka terbatas,” sambung Rusti,

“Seperti pemilihan ketua OSIS, semua prosesnya dilakukan secara online. Pembinaan ekskul, musyawarah kerja OSIS dan lomba akademik semuanya juga dilaksanakan lewat daring (online).

Namun untuk pelantikan dan sertijab dilakukan secara tatap muka terbatas dengan waktu yang singkat, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan sudah seijin dari orang tua siswa,” ujar Rusti.

“Implementasi program SMAN 4 Kota Bekasi dalam masa pandemi Covid -19 sejauh ini berjalan dengan baik. Semua ini tentunya bukan semata karena saya sebagai kepala sekolah, tapi berkat dukungan semua pihak terlebih teman-teman guru,” pungkas Rusti.■ JOS