Universitas Bina Insani Dan Universitas Pamulang, Helat Lomba Nasional Secretary Business Competition

0
875

Bekasi, Info Pendidikan                                                Dengan latarbelakang ingin mencetak individu yang ahli di bidangnya serta jika kita memiliki bisnis, maka tentunya kita berharap bisnis kita bisa sustainable business atau bisnis yang berkelanjutan.

Namun, sebagian besar dunia didominasi oleh pemikiran jangka pendek dan persepsi dari banyak masalah yang dihadapi manusia saat ini dan merupakan fakta yang menyedihkan untuk membiarkan individu atau kelompok melakukan sesuatu tanpa mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan mereka di masa depan.

Melihat hal tersebut, Rektor Universitas Bina Insani, Dr. Indra Muis, S. S M. M, menjelaskan lomba nasional Secretary Business Competition yang diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa D3 Sekretari Universitas Pamulang dan Prodi D3 Sekretari Universitas Bina Insani ingin meningkatkan sustainable business tersebut dengan membawanya ke hal yang lebih maju dan inovatif.

“Kami ingin menyelenggarakan atau menghelat kompetisi lomba secara virtual tingkat perguruan tinggi Universitas Pamulang dan Universitas Bina Insani karena kami merasa perlu untuk memaksimalkan bisnis ini dalam mencari inovasi dan bakat-bakat terpendam yang dimiliki para mahasiswa,” terangnya, Senin (24/5).

Sambung dia, adapun perlombaan yang akan dilaksanakan berupa Business Idea, Opini Mengenai Bisnis, Kearsipan Dalam Berbisnis dan Speak Contest secara online.

“Ada beberapa kategori yang dilombakan dan mereka bisa memaksimalkan potensi yang dimilikinya melalui lomba tersebut,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga menggaris bawahi kata “berkelanjutan” memiliki kata “hijau” yang melekat padanya. Kata berkelanjutan sendiri menggambarkan atau memberikan arti sebuah proses atau tindakan kelanjutan jangka panjang, menyebabkan atau membiarkan sesuatu berlanjut dalam jangka waktu tertentu dan sebuah proses atau tindakan yang membuat sesuatu tetap berjalan atau membuat sesuatu tetap berjalan.

“Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan dalam konteks bisnis “berkelanjutan” atau sustainability melibatkan proses dan tindakan yang menjaga perusahaan dari waktu ke waktu. Secara garis besar, bagaimana sebuah bisnis dapat berkelanjutan tidak hanya mengenai hijaunya lingkungan, dan hal inilah yang menjadi penguat lomba nasional ini diselenggarakan,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya lomba tersebut hal ini bisa menjadi dasar dalam melaksanakan program kerja kolaborasi Himpunan Mahasiswa D3 Sekretari Universitas Pamulang dengan Prodi D3 Sekretari Universitas Bina Insani, menumbuhkan jiwa inovatif dalam berkompetisi, sebagai wadah dalam mengasah soft skill dan hard skill mahasiswa, menjalin dan mempererat tali silaturahim antar sesama mahasiswa serta menambah pengalaman dan ilmu baru.

“Kami berharap apa yang dijalankan bersama ini bisa menumbuhkan generasi berpotensi dan berbakat di bidang administrasi serta mencari ide ide kreatif dan inovatif usaha dari para mahasiswa,” harapnya.■ RIS