SDN Sumur Batu 03 Kemayoran Berikan Santunan Kepada 32 Siswa Yatim

0
293

Jakarta, Info Pendidikan
Sebagai amalan sunnah bulan Muharram serta mengisi kegiatan di tahun baru Islam 1443 Hijriah yang jatuh pada 10 Agustus 2021, Kepala Sekolah bersama guru SDN Sumur Batu 03 Kemayoran Jakarta Pusat menggalang bantuan sosial untuk membantu meringankan beban anak yatim yang ada di sekolah mereka.

Sebanyak 32 siswa yatim tersebut merupakan siswa SDN Sumur Batu 03. Mereka menerima bantuan sosial dari guru dan kepala sekolah berupa bingkisan makanan serta sembako.

Dari penuturan panitia acara, yang terdiri dari para guru, menjelaskan bahwa, santunan yang diterima oleh siswa itu tidak hanya dari kalangan sekolah, namun ada juga yang berasal dari sumbangan orangtua siswa. Selain bantuan makanan dan sembako, pihak sekolah juga memberikan sejumlah uang.

Sarwanto, S.Pd, MM, Kepala SDN 03 Kemayoran didampingi Wakil Kepala Sekolah, Dra Rosida Manik

Kegiatan pemberian bantuan ini ternyata mendapat respon yang sangat baik dari orangtua siswa. Bahkan ada tiga orangtua siswa, yang tidak mau disebutkan namanya, memberikan sejumlah uang secara langsung kepada para siswa sehingga jumlahnya menjadi bertambah.

Sarwanto, S.Pd, MM, Kepala SDN 03 Kemayoran, didampingi Wakil Kepala Sekolah, Dra Rosida Manik, bersama Muryati S.Pd, Kamila Yunita dan Ustadz Nur, selaku panita acara menyampaikan rasa terimakasih atas bantuan dan partisipasi orangtua siswa yang telah ikut membantu meringankan beban anak-anak itu.

Kegiatan serupa selalu rutin dilakukan pihak sekolah setiap tahunnya dalam rangka pengamalan bulan Muharram. Sarwanto beserta seluruh guru menjelaskan bahwa kegiatan membantu anak yatim di bulan Muharram adalah merupakan wujud pengamalan dari bulan Muharram atau bulan yang mulia dalam pandangan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Karena bulan Muharram memiliki keutamaan serta sejarah penting.

Keutamaan Bulan Muharram, Bulan haram (suci), Bulan Allah (dimuliakan Allah), waktu puasa Tasu’a dan Asyura. Amalan Sunnah dibulan Muharram, memperbanyak puasa sunnah, puasa Asyura, puasa Tasu’a, dan membantu sesama ataupun anak-anak Yatim.

Atas dasar itulah Sarwanto bersama seluruh guru SDN Sumur Batu 03 merasa belum lengkap bila tidak menyucikan dan merayakan hari raya tahun baru Islam 1443 H atau 1 Muharram yang jatuh pada 10 Agustus 2021, dengan mengadakan acara pemberian santunan untuk anak-anak yatim, khususnya siswa di sekolah.

Sarwanto bersama seluruh guru meminta agar seluruh anak yatim tidak merasa sendiri dan tetap rajin serta semangat belajar demi masa depan yang lebih baik. Sarwanto selaku Kepala Sekolah menambahkan, ditengah situasi pandemi Covid-19 mengajak semua agar tetap menjalankan prokes demi kebaikan bersama.■ [jahuale]