BiU Bekasi Konsisten Perkenalkan Budaya Dan Kesenian Bekasi Kepada Generasi Milenial

0
148

Bekasi, Info Pendidikan
Universitas Bina Insani Bekasi konsisten memperkenalkan budaya Bekasi kepada para mahasiswa. Melalui kegiatan memperkenalkan budaya Bekasi dalam Program Modul Nusantara (PMN), menjadi salah satu kegiatan dalam Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka (MBKM).

“Kegiatan MBKM ini digagas oleh Bapak Nadiem Makarim, dam kami berharap hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi mahasiswa, terutama dalam menambah wawasannya akan budaya Bekasi,” terang Rektor BiU, Dr. Indra Muis, S. S M. M, Senin (8/11/2021).

Sambung Indra, dengan diisi nara sumber Andi Sopandi, selaku budayawan Bekasi, pada kegiatan yang dilakukan secara virtual tersebut, para mahasiswa diberikan edukasi mengenai kesenian asli Bekasi.

Indra berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, bukan hanya mengetahui saja, melainkan juga sebagai upaya Universitas Bina Insani Bekasi dalam melestarikan kesenian serta budaya lokal Bekasi kepada para kaum milenial.

Dijelaskannya pula, pada kegiatan PMN tersebut, para mahasiswa juga diperkenalkan sejarah Bekasi, seperti asal usul nama Bekasi, para tokoh masyarakat yang berjasa dimasa zaman kolonial Belanda dan Jepang, karakter orang Bekasi, bahasa, kemajemukan ras, makanan khas, pakaian khas dan Batik Bekasi serta bagaimana upaya Pemerintah Kota Bekasi menguatkan karakter unik Kota Bekasi melalui simbol-simbol budaya di land mark Kota Bekasi.

“BiU berupaya agar kesenian maupun budaya atau kearifan lokal yang dimiliki Bekasi bisa terus terjaga keberadaannya, khususnya di kalangan kaum milenial,” harap Indra.

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera, diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengenal keunikan Kota Bekasi sebagai salah satu Kota di Indonesia yang sarat dengan keberagaman suku bangsa.

“Penduduk Kota bekasi berasal dari 34 Provinsi di Indonesia dengan latarbelakang budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda pula. Maka dari itu, BiU sendiri berharap kegiatan ini juga dapat menciptakan harmonisasi kehidupan sosial dalam keberagaman dan hal ini bisa memjadi model yang patut dicontoh oleh Kota dan daerah lainnya,” terangnya menambahkan.

Sekedar informasi. Universitas Bina Insani (BiU) mendapat kesempatan untuk mengadakan kegiatan Modul Nusantara yang merupakan salah satu agenda dari Kemendikbud dalam kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Kegiatan hari ini merupakan kegiatan inspirasi untuk mahasiswa PMM dengan tema kegiatan ‘Mengenal Lebih Dekat Budaya Bekasi’. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa pertukaran pelajar tentang budaya Bekasi.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan nara sumber, yaitu Dr. Andi Sopandi, M.Si. Ia adalah seorang budayawan Bekasi dan sekaligus Dekan Fakultas Komunikasi Universitas Islam 45 Bekasi. Dan kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PMM dan mahasiswa Universitas Bina Insani.■ RIS