SDN Bintara VI Bekasi Barat Aktifkan Gerakan Literasi Sekolah

0
75

Bekasi, Info Pendidikan
Untuk  menstimulus kompetensi literasi siswa serta mengaktifkan kembali kegiatan literasi pada pelaksanaan PTMT SDN Bintara VI Bekasi Barat melaksanakan berbagai macam kegiatan dalam rangka memperingati bulan Bahasa.

Kegiatan ini terdiri dari berbagai macam lomba baik untuk siswa maupun untuk guru dan orang tua antara lain; lomba menulis indah, membaca cepat, menyusun kata, sambung kata, menceritakan gambar, berbalas pantun, story telling dan gambar bercerita serta lomba pojok baca dan display kelas untuk guru dan orang tua.

Selain menstimulus kompetensi literasi siswa, guru dan orang tua, kegiatan ini juga memotivasi seluruh warga sekolah untuk senantiasa meningkatkan semangat berliterasi.

Kompetensi literasi siswa juga bertujuan agar cita-cita pemerintah dan seluruh masyarakat yaitu menjadi generasi emas di tahun 2045 bisa tercapai dengan optimal.

Kepala SDN Bintara VI Bekasi Barat Misnawati mengatakan melalui kegiatan ini akan terbangun kembali semangat literasi seluruh warga sekolah khususnya siswa dan guru.

” Kami akan kembali kembangkan kebiasaan literasi melalui pembiasaan membaca dan menulis dari hal-hal paling dekat dengan kehidupan anak-anak,” ungkap Misnawati.

Pojok literasi yang sudah disiapkan oleh guru dan orang tua pada masing-masing kelas akan difungsikan secara optimal.

“Kedepan kami akan membuat program pengembangan literasi sekolah yang lebih inovatif lagi, sehingga kompetensi literasi siswa dan guru betul-betul terekspos secara optimal”, tambah Misnawati.

Rangkaian kegiatan bulan Bahasa ini diakhiri dengan puncak acara yaitu pemberian hadian kepada peserta lomba baik siswa, guru maupun orang tua.

Pemberian apresiasi ini sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada siswa, guru dan orang tua yang sudah berupaya menampilkan kompetensi mereka secara optimal.

Tersemai harapan melalui kegiatan apresiasi ini akan muncul duta-duta literasi SDN Bintara VI Bekasi Barat yang kelak mampu menjadi mentor literasi bagi teman sebayanya.■ **JOS