Bangkitkan Ekonomi di Masa Pandemi Melalui Urban Farming

0
75

Bekasi, Info Pendidikan
Ragam cara dan inovasi terus dilakukan warga untuk bertahan sekaligus membangkitkan ekonomi keluarganya dimasa pandemi.

Seperti halnya yang dilakukan Say Monanggedeon, salah seorang warga yang berada di Jalan Pintu Air, Gang Dapur Sintha, RT04/01, Kelurahan Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi, lewat inovasinya dengan menghadirkan Urban Farming di lingkungan tempat tinggalnya, selain mampu menambah pemasukan, keberadaannya juga sebagai salah satu sarana edukasi bagi warga di Kota Bekasi dalam hal mendapatkan penghasilan tambahan dengan keterbatasan lahan.

“Saya menghadirkan konsep Urban Farming yang diisi dengan agrowisata dan TanteRika (tanaman, peternakan, perikanan),” ujar Monang sapaan akrabnya, Sabtu (20/11/2021).

Urban Farming yang didalamnya diisi beragam tanamam hidroponik, ikan hingga peternakan mulai dari ayam petelur dan wisata edukasi anak sentra alam, dirinya mampu menambah penghasilan keluarganya selama pandemi Covid-19.

Selain itu, jelas Monang, konsep Urban Farming yang dimilikinya pun juga siap ditularkan kepada warga Kota Bekasi yang ingin menghasilkan pundi-pundi uang melalui konsep ketahanan pangan warga urban tersebut.

“Jadi, selain mampu menambah penghasilan, saya juga bisa berbagi ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi warga,” jelasnya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada warga yang mampu menghadirkan inovasi serta kreasi dalam hal ketahanan pangan sekaligus mampu membangkitkan sektor ekonomi dimasa pandemi seperti saat ini.

“Saya sangat mengapresiasi Pak Monang karena konsep Urban Farmingnya ditengah pandemi ini mampu membantu warga dalam hal wawasan hingga pemenuhan kebutuhannya baik dari sisi ekonomi dan edukasi,” papar pria yang akrab disapa Mas Tri tersebut.

Ia juga menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota Bekasi juga sangat mendukung langkah-langkah seperti ini, dimana mampu memberdayakan lahan yang ada seminimal mungkin untuk menghasilkan hal yang maksimal.

“Pemkot Bekasi tentunya sangat mendukung langkah dan upaya serta kerja keras warganya untuk memaksimalkan potensi yang ada,” tukasnya.■ RIS