PTM SDN Kelapa Gading Timur 01, Ruang Kelas di Pasang Sekat Pembatas Dari Plastik Kaca

0
177

Jakarta, Info Pendidikan
Penyelenggaraan PTM di setiap sekolah pada umumnya sama. Namun sedikit berbeda dengan SDN Kelapa Gading Timur 01 Jakarta Utara, karena sekolah ini memasang sekat pembatas plastik kaca disetiap meja untuk kenyamanan siswa-siswinya.

Kesiapan pasilitas pendukung sesuai aturan protokol kesehatan terlihat jelas di seluruh penjuru SDN Kelapa Gading Timur 01, mulai dari alat pengukur suhu, keran air untuk mencuci tangan, garis pembatas dan tulisan petunjuk protokol kesehatan yang ditempel.

SDN Kelapa Gading Timur 01 melaksanakan PTM dengan 2 shift dimana untuk shift pertama dilakukan dari jam 07: 00 s/d jam 09:00 dan shift kedua jam 09: 00 s/d jam 11: 00. Sekolah menerapkan 50 persen siswa yang masuk dari jumlah siswa biasanya.

Jam keluar masuk siswa dilakukan secara  bergantian. Siswa yang diantar langsung masuk ke kelas dan pengantar hanya sampai di pintu gerbang.

Begitu juga saat pulang, orang tua/wali siswa menunggu di luar gerbang dan siswa keluar bergiliran. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan saat masuk dan pulang sekolah.

Sebagai contoh untuk shift kedua di SDN Kelapa Gading Timur 01 adalah jadwal untuk siswa kelas 2 dan kelas 5 yang kebetulan menempati ruang kelas di lantai 3. Nurhayati sebagai walikelas 2 harus berkordinasi dengan petugas dibawah, diwaktu masuk maupun diwaktu pulang sekolah.

Hal yang sama juga dilakukan Olivia, sebagai wali kelas 5, Ia wajib melakukan kordinasi kepada petugas yang ada di bawah untuk memastikan bahwa anak-anak dijemput bersama keluarganya.

Pembelajaran Tatap Muka yang sudah diperbolehkan pemerintah adalah merupakan upaya menyelamatkan anak-anak Indonesia dari risiko dampak negatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara berkepanjangan.

Jika tidak segera menerapkan pertemuan tatap muka, generasi ini dikawatirkan akan sangat sulit untuk mengejar ketertinggalan.■ Jahuale.