Wujudkan Tridharma Perguruan Tinggi, UBSI Latih IT Pengurus dan Staf Pengajar TPQ Bina Ummah

0
228

Jakarta, Info Pendidikan
Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta menggelar pelatihan komputer pengenalan dasar Ms.Word 2016 untuk pengurus dan staf pengajar TPQ Bina Ummah Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ketua Pelaksana Baginda Oloan Lubis, M.Kom yang juga dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian dan kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

“Kegiatan ini harus selalu dilakukan oleh institusi yang bergerak di bidang pendidikan dengan mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi untuk memberikan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Baginda Oloan Lubis, M.Kom.

Dijelaskannya, kegiatan kali ini sebagai upaya membantu para pengurus dan staf pengajar TPQ Bina Ummah dalam memperkenalkan program Ms. Word 2016 untuk nantinya dapat dipergunakan dalam kegiatan kerjanya.

“Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara tatap muka, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebelum pelatihan dimulai. Praktik pelatihan menggunakan program Ms.Word 2016, karena program ini lebih banyak digunakan oleh setiap orang untuk kegiatan kerja sehari-hari,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya juga memaparkan, dimulai dari pengenalan Microsoft Word 2016 dan cara membuka program Microsoft Word 2016, mulai dari Sistem Operasi Windows 10, selanjutnya peserta diberikan pengetahuan untuk mengenal bagian-bagian di dalam Microsoft Word 2016.

“Para peserta pelatihan juga diperkenalkan cara mengatur tipografi, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, menentukan format kertas, menentukan format teks, menentukan format paragraf, membuat daftar berurut dan daftar bersimbol, membuat kolom koran, menyisipkan gambar, pengaturan gambar, membuat tabel serta rumus dan cara membuat mail merge,” jelasnya.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang pada pelaksanaanya dibantu oleh dosen lain, diantaranya Ibu Firstianty Wahyuhening Fibriany, S.TP, MM, Bapak Eri Riana, ST. M. Kom, Bapak Ahmad Rafik, S.E, MM juga melibatkan dua mahasiswa, yaitu Satrio Nugroho dan Novianto Chandra, diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi mereka, khususnya di bidang pengetahuan menggunakan teknologi.

“Ketertarikan peserta pada materi pengenalan Microsoft Word 2016 ini patut diapresiasi. Mereka menunjukkan  perhatian pada materi yang disampaikan oleh tutor. Mereka juga mendengarkan dan mencatat hal-hal yang belum tertera di dalam modul pelatihan pengenalan Microsoft Word 2016,” ujarnya.

Untuk memastikan pemahaman peserta atas materi yang disampaikan, moderator memberikan pertanyaan dan kuis.

“Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik. Sebagai apresiasi atas jawaban peserta, tim memberikan cendera mata bagi peserta tersebut,” tandasnya.■ RIS