SMPN 44 Kota Bekasi Gelar Penilaian Akhir Semester (PAS) 2021

0
309

Bekasi, Info Pendidikan
SMPN 44 Kota Bekasi melaksanakan penilaian akhir semester 2021 dengan menggabungkan tatap muka langsung dengan sistem pembelajaran jarak jauh (online), Senin (06/12).

Dwi Kusdinar, Kepala SMPN 44 Kota Bekasi mengatakan metode terbaik dalam melaksanakan penilaian akhir semester pada masa pandemi adalah menggabungkan tatap muka langsung dengan sistem daring (online).

Dwi beralasan sekolah melaksanakan kombinasi tatap muka dengan sistem daring karena, Pertama, pada masa pandemi sekolah tidak menganggarkan biaya cetak untuk soal. Kedua, secara teknologi sangat memungkinan dilakukan melalui daring. Ketiga, para siswa selama pada masa pandemi lebih terbiasa menyelesaikan soal-soal melalui daring.

Dwi juga menambahkan dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan tatap muka langsung, mereka menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Kami melakukan Standar operating procedur pelaksanaan PAS, sambung Dwi, “Pertama, mulai dari cek suhu, cuci tangan dan wajib menggunakan masker. Kedua, para siswa yang mengikuti PAS dengan tatap muka dibagi dalam dua sesi, masing-masing sesi terdiri dari 16 siswa sampai dengan 20 siswa perkelas”.

Lebih lanjut Dwi juga menjelaskan, setelah siswa duduk dikelas, secara serentak pengawas menyampaikan nomor token untuk mengakses soal ujian. Siswa maju kedepan untuk melakukan “submite” didepan guru pengawas sekaligus menyerahkan handphonenya.

“Untuk mengantisipasi terjadi kendala teknis, seperti masalah dengan handphone siswa, salah memasukan token atau pun siswa tidak memiliki kuota internet, sekolah telah mengantisipasi dengan meyediakan komputer maupun laptop, di lab komputer dan tidak lebih dari 10 siswa,” kata Dwi.

Dwi juga menjelaskan keuntungan dilaksanakannya tatap muka langsung pada pelaksanaaan Penilaian Akhir Semester (PAS) di sekolahnya.

“Keuntungan dari PAS tatap muka daring ini yaitu pihak sekolah atau para gurunya meyakini betul bahwa siswa mengerjakan soal secara objektif dan jujur. Dan pelaksanaan PAS di hari pertama Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” tutup Dwi Kudinar.■ JOS